Setelah Sebut Reuni 212 “Perayaan Intoleransi”, Metro TV Lecehkan Penulisan Ayat Al Qur’an

0 178

Media swasta nasional Metro TV kembali mendapat kecaman dari mayoritas umat Islam. Usai dikecam karena menyebut Reuni Akbar 212 sebagai “perayaan intoleransi”, stasiun televisi milik Surya Paloh itu menuai kecaman karena salah fatal dalam menulis ayat Al Qur’an. Ya, ini adalah sebuah pelecehan terhadap Al Qur’an.

Kesalahan menulis ayat Al Quran itu terjadi pada acara Syiar Kemuliaan yang disiarkan Metro TV pada hari ini sekitar jam 4 pagi. Ayat 45 dari Surat Al Ankabut mestinya:

إِنَّ الصَّلَاةَ تَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ

Namun yang tertulis di monitor pada acara Syiar Kemuliaan itu adalah:

إِنَّ الصَّلَةَ تَنْحَ عَنِ الْفَحْشَ وَالْمُنْكَرَ

Kesalahan itu pun dikecam oleh netizen muslim. Metro TV diminta meminta maaf dan menayangkan koreksinya di televisi. Sebab dari tujuh kalimat (kata) dalam penggalan ayat itu, empat kalimat (kata) salah tulis. Yakni sholat, tanha, dan fahsyaa’. Bahkan munkar pun salah harakatnya.

Kementerian Agama meminta pihak Metro TV untuk mengklarifikasi sekaligus memohon maaf pada publik terkait tayangan dakwah Ustazah Nani Handayani yang salah dalam menulis ayat Alquran dalam program Syiar Kemuliaan. Pasalnya, kesalahan tulis pada ayat Alquran itu bisa mengubah maknanya.

Dirjen Bimas Islam Kemenag Prof Muhammadiyah Amin mengatakan, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin telah memerintahkannya untuk meminta konfirmasi tentang masalah itu. Kata dia, Metro TV pun telah mengakui kebenaran tayangan tersebut.

Namun, menurut dia, Metro TV tetap harus mengklarifikasi kepada publik langsung dan meminta maaf. “Karena itu, pihak Kemenag minta Metro TV untuk memberikan klarifikasi sekaligus permintaan maaf kepada publik atas kejadian tersebut,” ujarnya kepada Republika.co.id, Selasa (5/12).

Dimedia sosial juga menjadi perbincangan kalangan netizen.

“@Metro_TV harus klarifikasi…..krn klo tdk….org yg terlanjur melihat tulisan/imlak tsb akan menganggap bener…dn bahaya klo itu (yg salah) d jadikn sbg pedoman pengetahuan mereka.. @lukmansaifuddin,” kata salto_009

Bahkan ada pula yang minta Ustazah Nani Handayani untuk mundur dari acara pengajian tersebut.

“@handayani_nani Maaf ya Bu… Kalau menurut saya mending mundur saja dari acara itu, daripada anda dibilang menyesatkan ummat, dan untuk @Metro_TV tolong kaji ulang acara dan pembawa acara ini..,” kata @mutolibabdi.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

close